A. Analisis Biaya-Volume –Laba
Analisis
biaya-volume-laba aalah suatu metode untuk menganalisis bagaimana berbagai
keputusan operasi dan pemasaran akan mempengaruhi laba. Analisis CVP memiliki
banyak aplikasi:
1.
Menetapkan harga jual produk dan jasa
2.
Memperkenalkan produk atau jasa yang baru
3.
Menggantkan sebuah peralatan
4.
Menentukan titik impas
5.
Memutuskan apakah produk atau jasa tertentu
seharusnya dibuat atau dibeli
6.
Menentukan bauran produk terbaik
7.
Melakukan analisis strategi dengan menggunakan
“bagaimana jika”
Margin Kontribusi dan Laporan Laba Rugi
Kontribusi
Margin
kontribusi perunit adalah sselisih antara harrga jual per unit dengan biaya
variabel per unit serta merupakan ukuran kenaikan laba akibat kenaikan satu
unit penjualan. Total margin kontribusi merupakan margin kontribusi per unit
dikalikan jumlah unit yang terjual. Rasio margin kontribusi adalah rasio margin
kontribusi per unit terhadap harga jual per unit (p – v).
B. Peran Strategis Analisis CVP
Analisis CVP
dapat membantu perusahaan untuk melaksanakan strateginya dengan cara memberikan
informasi mengenai bagaimana perubahan volume penjualan memengaruhi biaya dan
laba. Selain itu analisis CVP penting untuk digunakan dalam perhitungan biaya
siklus hidup maupun perhitungan biaya berdasarkan target. Selain itu, analisis
CVP dapat digunakan pada tahp-tahap lebih lanjut dari siklus hidup produk,
yaitu selama perencanaan produksi, untuk menentukan proses produksi yang paling
hemat biaya. Analisis CVP juga berperan dalam penentuan posisi strategis.
Perusahaan yang telah memilih untuk berkompetisi dengan strategi kepemimpinan
biaya membutuhkan analisis CVP, terutama pada tahap produksi dari siklus biaya.
C. Analisis CVP untuk Perencanaan Titik Impas
Titiik impas, yaitu titiik di mana
pendapatan sama dengan total biaya labanya nol.
Metode
Persamaan: Untuk Titik Impas dalam Satuan Unit
Metodde
persamaan menggunakan modep CVP secara langsung dengan menggunakan rumus
sebagai berikut;
Penjualan
= Biaya Tetap + Total Biaya Variabel + Laba Operasi
P x Q = F + (v x Q) + N
Metode
Persamaan: Untuk Titik Impas dalam Satuan Dolar
Kadang kala,
jumlah unit yang terjual, biaya variabel per unit, dan harga jual tidak
diketahui, atau tidak praktis untuk ditentukan. Rumusnya sebagai berikut;
Pejnualan
= Biaya Tetap + Total Biaya Variabel + Laba
P x Q = F + (v x Q) + N
Metode
Margin Kontribusi
Q =
Biaya Tetap/Margin Kontribusi Per Unit
=
Metode
margin kontribusi juga dapat digunakan
untuk mengetahui titik impas dalam satuan dolar, dengan menggunakan rasio
margin kontribusi ( dengan memecahkan Y = [ (v/p) x Y ] ).
Y
= dimana
(p-v)/p = rasio margin kontribusi
Grafik
laba-volume mengilustrasikan bagaimana tingkat laba berubah pada berbagai tingkat
output.
D. Analisis CVP untuk Perencanaan Laba
Analisis
CVP dapat digunakan untuk menentukan tingkat penjualan yang dibutuhkan agar
mencapai tingkat laba yang diharapkan.
Perencanaan
Pendapatan
Analisis
CVP memebantu manajer dalam perencanaan pendapatan guna menentukan pendapatan
yang dibutuhkan agar mencapai tingkat laba yang diharapkan.
Perencanaan
Biaya
Untuk
keputusan perencanaan biaya, manajer
mengasumsikan jumlah penjualan dan laba yang diharapkan telah diketahui,
tetapi ingin menemukan nialai biaya variabel atau biaya tetap yang dibutuhkan
untuk mencapai laba yang diharapkan pada jumlah penjualan yang diasumsikan.
Ketiga contohnya adalah sebagai berikut;
1.
Pertukaran antara biaya tetap dengan
biaya variabel-contoh pertama satu mesin
2.
Pertukaran antara biaya tetap dengan
biaya variabel-contoh kedua dua mesin
3.
Komisi dan gaji penjualan-contoh ketiga
Memasukkan Pajak Pengahasilan Ke Dalam Analisis CVP
Keputusan
manajer mengenai biaya harga biasanya harus memasukkan pajak pengahasilan
karena pajak memengaruhi jumlah laba untuk tingkat penjualan tertentu.
Q
=
E. Analisis CVP untuk Perhitungan Biaya
Berdasarkan Aktivitas
Pendekatan
konvensional untuk analisis CVP adalah menggunakan ukuran berdasarkan volume,
yaitu ukuran berdasarkan jumlah unit yang diproduksi dan dijual. Disinilah CVP
berdasarkan aktivitas berbeda dari pendekatan tradisional yang berdasarkan
volume. CVP tradisional yang berbasis volume mengklasifikasikan tiga tingkat
lainnya (kelompok produk, produk dan fasilitas) sebagai biaya tidak langsung
yang berubah seiring dengan volume dan oleh karena itu disebut biaya tetap. Biaya
tingkat produk seperti perubahan desain atau fitur produk adalah biaya yang
memiliki periode perencanaan yang lebih singkat karena perubahan tersebut dapat
disertakan ke dalam proses produksi pada waktu yang lebih singkat, mungkin
beberapa bulan hingga satu tahun sebelum perubahan tersebut memengaruhi total
biaya.
F.
Analisis
Sensitifitas dari Hasil CVP
Analisis
CVP menjadi alat strategis yang penting ketika manajer menggunakannya untuk
sensitivitas laba terhadap perubahan yang mungkin dapat terjadi pada biaya atau
volume perusahaan. Analisis sensitivitas merupakan nama untuk berbagai metode
yang menelaah bagaimana perubahan jumlah unit jika faktor-faktor yang
dilibatkan dalam memprediksi jumlah unit tersebut juga berubah.
Lima Tahapan Pengambilan Keputusan
Strategis untuk Analisis CVP
1.
Menentukan isu strategis di sekitar
masalah
2.
Mengidentifikasi alternative tindakan
3.
Memperoleh informasi dan melakukan
analisis terhadap alternative. Pilihan satu: mempertahankan mesin penyalin saat
ini. Pilihan dua: mesin penyalin baru
4.
Didasarkan strategi dan analisis, pilih
dan implementasikan alternative yang diinginkan
5.
Menyediakan evaluasi terus menerus
mengenai elektabilitas implementasi pada tahap 4
G.
Analisis
CVP untuk Dua Produk atau Lebih dari Dua Produk
Biasanya
perusahaan menghasilkan atau menjual eceran dua atau lebih dari dua produk. Perusahaan akan sulit
mengkalkulasikan dan menginterpretasikan karena banyak titik impas. Selain itu,
perusahaan akan sulit menentukan bagaimana biaya tetap perusahaan seharusnya
dialokasikan antarproduk. Untuk alasan ini, pendekatan umum bagi perusahaan
dengan banyak produk adalah menggunakan rasio margin kontribusi. Berdasarkan pendekatan
tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengestimasikan titik impas pada dolar
penjualan bersadarkan estimasi metode margin kontribusi rata-rata tertimbang
terhadap seluruh produknya.
Sumber
Cokins, B. S. (2011). Manajemen Biaya Penekanan
Strategis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
No comments:
Post a Comment