Monday 16 November 2015

Manajemen Biaya Resume Bab 1

BAB 1 : MANAJEMEN BIAYA DAN STRATEGI
Akuntansi Manajemen dan Peran Manajemen Biaya
Akuntansi manajemen adalah suatu profesi yang melibatkan kemitraan dalam pengambilan keputusan manajemen, menyusun perencanaan dan sistem manajemen kinerja, serta menyediakan keahlian dalam pelaporan keuangan dan pengendalian untuk membantu manajemen dalam memformulasikan dan mengimplementasikan suatu strategi organisasi.
Tahap dimana terjadinya peristiwa transaksi bisnis terjadi antara penjual dan pembeli
 
Manajemen biaya adalah pengembangan dan penggunaan dari informasi manajemen biaya. Informasi manajemen biaya dikembangkan dalam 5 tahapan.

Tahap 1, Peristiwa bisnis : Tahap dimana terjadinya peristiwa transaksi bisnis terjadi antara penjual dan pembeli
Tahap 2, Data : Kemudian ditahap kedua semua peristiwa bisnis diringkas menjadi sebuah data
Tahap 3, Informasi : Setelah semua data selesai dibuat maka data tersebut akan dijasikan informasi untuk dianalisis oleh pihak yang berkompeten seperti dari akuntansi manajemen
Tahap 4, Pengetahuan : Informasi tersebut lalu ditransformasikan dengan strategi dan lingkungan kompetisi
Tahap 5, Keputusan : Pada tahap terakhir maka pengetahuan tersebut oleh akuntansi manajemen akan dibuat keputusan bersama dengan tim manajemen dalam mengambil strategi manajemen

Fokus utama informasi manajemen biaya adalah kegunaan dan ketepatan waktu, sedangkan fokus utama laporan keuangan adalah keakuratan dan kepatuhan pada persyaratan pelaporan. Ada empat fungsi manajemen dalam penggunaan informasi manajemen biaya berikut ini merupakan keempat fungsi manajemen yaitu manajemen strategis, perencanaan dan pengambilan keputusan, pengendalian manajemen dan operasional, serta penyusunan laporan keuangan.
            Fungsi yang paling penting yaitu manajemen strategis (strategic management), informasi manajemen biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan keputusan pemilihan produk serta metodenya, cara pemasaran, tingkat pembelian dan masalah jangka panjang. Selanjutnya, perencanaan dan pengambilan keputusan (planning and decision making), informasi manajemen biaya yang dibutuhkan untuk menentukan keputusan rutin yang meliputi pengantian peralatan pengelolaan arus kas, penganggaran pembelian bahan baku, penjadwalan produksi dan penetapan harga.
            Pengendalian manajemen dan operasional (management control and operational control), informasi manajemen biaya yang dibutuhkan sebagai dasar yang wajar dan efektif untuk menentukan operasi yang tidak efisien dan memberikan perhargaan serta memotivasi manajer yang paling efektif. Penyusunan laporan keuangan (preparation of financial statements), informasi manajemen biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan catatan akuntansi yang akurat mengenai persediaan dan aset lainnya.
Lingkungan Bisnis Kontemporer
            Banyak perubahan dalam lingkungan bisnis pada tahun-tahun belakangan telah menyebabkan modifikasi yang signifikan dalam praktik-praktik manajemen biaya. Perubahan-perubahan yang utama adalah ,
1.      Lingkungan bisnis global, Hal-hal yang mendorong perubahan bisnis global paling utama yaitu pada pasar dan perdagangan internasional.
2.      Teknologi produksi, supaya dapat tetap kompetitif dalam menghadapai kompetisi global yang makin ketat, perusahaan di seluruh dunia mengadopsi teknologi produksi yang baru.
3.      Penggunaaan teknologi informasi, internet, dan manajemen sumber daya perusahaan, ekonomi baru ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang pesat pada perusahaan berbasis internet.
4.      Fokus pada pelanggan, proses bisnis ini memfokuskan manajer dalam membeli nilai pada pelanggal. Orientasi manajer dalam memfokuskan pada pelanggan yaitu pelayanan, kualitas, ketepatan waktu pengiriman dan merespon keinginan pelanggan.
5.      Organisasi manajemen, untuk jenis organisasi manajemen bersifat perintah dan kendali hierarki telah diubah menjadi bentuk organisasi yang lebih fleksible yang mndorong terjadinya kerja sama dalam tim dan koordinasi di antara fungsi-fungsi bisnis.
6.      Pertimbangan-pertimbangan sosial, politik dan budaya, cakupan perubahan sangat bervariasi yang mecakup tenaga kerja yang lebih memiliki etika dan terdiri dari berbagai ras.

Teknik-teknik manajemen kontemporer
            Akuntan manajemen yang dipandu oleh fokus strategis, telah merespon enam perubahan lingkungan bisnis kontemporer dengan 13 metode yang bermanfaat dalam mengimplementasikan strategi di saat-saat yang dinamis. Enam metode pertama berfokus langsung pada implementasi strategi yang meliputi kartu skor berimbang dan peta strategi, rantai nilai, perhitungan biaya dan manajemen berdasarkan aktivitas, intelijen bisnis, perhitungan biaya berdasarkan target, perhitungan biaya selama siklus hidup produk.
            Tujuh metode berikutnya membantu mencapai implementasi strategi melalui fokus pada perbaikan berkelanjutan yang meliputi penentuan tolok ukur, perbaikan proses bisnis, manajemen kualitas total, lean accounting, teori kendala, kesinambungan usaha perusahaan, dan manajemen risiko perusahaan.
Mengembangkan strategi kompetitif
            Dalam mengembangkan posisi kompetitif yang berkesinambungan, setiap perusahaan secara sengaja atau sebagai akibat tekanan pasar akan mencapai satu dari dua strategi kompetitif yaitu kepemimpinan biaya atau diferensiasi.
            Kepemimpinan biaya yaitu strategi di mana perusahaan mengungguli kompetitor dalam menghasilkan produk atau jasa dengan biaya yang paling rendah. Diferensiasi yaitu startegi yang diimplementasikan dengan cara menciptakan produk atau jasa yang unik dengan cara tertentu, biasanya memiliki kualitas yang lebih baik, fitur produk jasa pelanggan atau inovasi.
Lingkungan profesi manajemen biaya
            Ada lingkungan profesi profesional yaitu organisasi profesional dan sertifikasi profesional. Pada organisasi profesional akuntan manajemen akan dipengaruhi oleh dua jenis organisasi yang menetapkan seperangkat pedoman dan peraturan yang berhubungan dengan praktik-praktik akuntansi manajemen serta yang mempromosikan profesionalisme dan kompetisi akuntan manajemen. Kelompok organisasi yang pertama adalah pemerintah dan yang ke dua adalah organisasi yang mendukung pertumbuhan dan profesionalisme. Sertifikasi profesional mempunyai peran dan program menyediakan ukuran yang jelas tentang kapabilitas akuntan manajemen dalam hal pengalaman, pelatihan dan kinerja.

Sember : Buku Manajemen Biaya Penekanan Strategis /Blocher,Stout,dan Cokins/Penerbit Salemba Empat/Buku 1/Edisi 5 

No comments:

Post a Comment