Friday 13 November 2015

Akuntansi Biaya Resume Bab 1

BAB 1 : Peranan Akuntansi Dalam Organisasi

Akuntansi Manajemen , Akuntansi Keuangan , dan Akuntansi Biaya
Akuntansi merupakan sistem yang digunakan untuk mencatat setiap kejadian transaksi ekonomi contohnya penjualan dan pembelian , kemudian transaksi tersebut diproses untuk dijadikan informasi bagi pihak internal perusahaan seperti manajer dan karyawan serta pihak luar seperti investor dan pemerintah. Manajer sangat memerlukan laporan keuangan untuk memutuskan setiap tindakan yang akan diambilnya dalam menjalankan perusahaan.
Sejatinya akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan memiliki perbedaan pada tujuannya. Akuntansi manajemen bertugas mengukur , menganalisis dan melaporkan informasi keuangan  serta non-keuangan yang akan membantu manajer dalam menjalankan tugasnya agar tercapainya tujuan perusahaan. Tujuannya manajer menggunakan informasi akuntansi yaitu untuk mengomunikasikan dan mengimplementasikan strategi.
Akuntansi Keuangan berfokus pada pelaporan kepada pihak luar perusahaan seperti investor dan pemerintah. Dalam perusahaan akuntansi keuangan bertugas mencatat dan mengukur setiap transaksi yang dilakukan perusahaan dalam laporan keuangan yang disusun berdasarkan prinsip akuntansi yang diterima umum. Dalam hal ini manajer juga berkepentingan atas angka-angka yang ada pada laporan keuangan. Namun ada persamaan antara akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan  yaitu sama-sama terdapat laporan laba rugi , arus kas dan neraca.
Akuntansi biaya berfungsi sebagai penyedia laporan yang dibutuhkan akuntansi manajemen serta akuntansi keuangan. Tugas utamanya ialah mengukur , menganalisi dan melaporkan informasi keuangan maupun non keuangan kepada akuntansi manajemen serta akuntansi keuangan.
            Jadi , akuntansi biaya sangat mendukung bagi akuntasi manajemen dan akuntansi keuangan. Ketika akuntansi biaya menghitung biaya produksi untuk dilaporkan kepada akuntansi keuangan agar dapat menilai besaran nilai persedian dan bagi akuntansi manajemen yaitu sebagai alat untuk memutuskan suatu kebiajakan yang akan dilakukan perusahaan dimasa mendatang.
Keputusan Strategis dan Akuntan Manajemen
            Membuat keputusan strategi merupakan tugas terpenting manajer. Strategi menjelaskan bagaimana suatu perusahaan menyelaraskan kapabilitasnya dengan peluang yang terbuka di pasar untuk mmencapai tujuannya. Dalam merancang strateginya , sebuah perusahaan harus menandingkan peluang dan ancaman yang dilihat di pasar dengan sumber daya dan kapabilitasnya.
Peran Akuntan Manajemen dalam Mengimplementasikan Strategi
            Manajer mengimplementasikan strategi dengan menerjemahkannya menjadi tindakan. Dalam menyusun tidakan manajer harus mengumpulkan data input dari pelanggan dan mengevaluasi serta menilai bagaimana pesaing akan bereaksi.  Menciptakan nilai bagi para pelanggan juga merupakan bagian yang penting dalam strategi perencanaan dan implementasi. Nilai merupakan manfaat yang diperoleh pelanggan dari produk atau jasa yang dikeluarkan perusahaan.
            Analisis Rantai Nilai
            Rantai nilai adalah rangkaian fungsi bisnis dimana manfaat ditambahkan atas produk dan jasa perusahaan.
1.      Penelitian dan pengembangan : berusaha menemukan dan melakukan percobaan atas gagasan-gagasan produk , jasa atau proses baru.
2.      Desain produk, jasa, atau proses : rencana dan rekayasa yang terinci dari produk, jasa , atau proses.
3.      Produksi : perolehan , pengoordinasian, dan perakitan sumber daya untuk memproduksi barang atau menyampaikan jasa.
4.      Pemasaran : mempromosikan dan menjual produk atau jasa kepada pelanggan atau calon pelanggan.
5.      Distribusi : mengirimkan produk atau jasa kepada pelanggan.
6.      Layanan pelanggan : menyediakan dukungan purna jual bagi pelanggan.
Analisis Rental Suplai
Ratai suplai merupakan gambaran arus barang , jasa dan informasi dari sumber awal bahan dan jasa sampai pengiriman produk kepada konsumen, tidak peduli apakah aktivitas tersebut terjadi pada perusahaan yang sama atau pada perusahaan yang lain.
            Faktor Kunci Keberhasilan
1.      Biaya dan efisiensi
2.      Kualitas
3.      Waktu
4.      Dan Inovasi
Sintem Perencanaan dan Pengendalian
            Perencanaan terdiri dari pemilihan tujuan organisasi , memprediksi hasilnya denganberbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut, memutuskan bagaimana mencapai tujuan yang diinginkan, dan mengkomunikasikan tujuan serta bagaimana mencapainya keseluruh bagian dalam organisasi. Salah satu alat perencanaan yang paling penting adalah anggaran. Implementasi yang sempurna memerlukan tindak-lanjut untuk menilai seberapa baik rencana telah terwujud.
            Ketika melakukan tindakan , orang menaruh perhatian pada bagaimana kinerja mereka diukur. Dalam hal ini anggaran berfungsi sebagai alat pengendalian peserti alat perencanaan. Salah satu keputusan pengendalian adalah evaluasi kerja , seperti pelaporan kinerja bulanan dimana hasil aktual pada periode berjalan dibandingkan dengan jumlah yang dianggarkan.
Panduan Penting Akuntansi Manajemen
            Terdapat tiga panduan penting yang akan membantu akuntan manajer dalam menyediakan nilai terbesar bagi perusahaan dalam aktifitas perencanaan dan pengendalian antara lain:
Pendekatan biaya-manfaat
            Dalam hal ini pendekatan biaya-manfaat sangat berguna dalam membuat keputusan pengalokasian sumber daya. Dengan pendekatan ini akuntan manajemen dapat membandingkan alokasi sumber daya seperti akan membeli satu paket perangkat lunak atau memperkerjakan karyawan baru.
Pertimbangan perilaku dan teknisi
            Pertimbangan perilaku dan teknisi membantu para manajer dalam mengambil keputusan ekonomi yang bijaksana dengan menyediakan informasi yang di inginkan dalam format yang sesuai dan pada frekuensi yang pas.
Biaya yang berbeda untuk tujuan yang berbeda
            Dalam hal ini akuntansi dapat membandingkan umur manfaat dari biaya yang dikeluarkan perusahaan yang selanjutnya akan dilaporkan kepihak eksternal.
Struktur Organisasi Akuntan Manjemen
Hubungan lini dan staff
            Manajemen lini terdiri dari manajemen produksi , pemasaran dan distribusi yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan. Sedangkan manajemen staff terdiri dari akuntan manajemen dan manajemen teknologi serta sumber daya manusia untuk memberikian nasihat kepada manajer lini.
Etika Profesional
            Akuntan memiliki kewajiban khusus menyangkut etika, karena mereka bertanggung jawab atas integritas informasi keuangan yang diberikan kepada pihak internal maupun eksternal.
Pedoman etika
            Organisasi profesi akuntan menempatkan etika yang tinggi. Setiap organisasi juga menyediakan program sertifikat.

No comments:

Post a Comment