Friday 13 November 2015

Akuntansi Biaya Resume Bab 20

BAB 20 :
MANAJEMEN PERSEDIAAN, JUST-IN-TIME DAN KALKULASI BIAYA BACKFLUSH

Manajemen perusahaan dalam organisasi ritel
            Manajemen persediaan mencakup aktivitas perencanaan, pengoordinasian dan pengendalianyang berhubungan dengan arus persediaan ke dalam, melalui, dan keluar dari suatu organisasi.
Biaya yang berhubungan dengan barang yang aka dijual.
1.      Biaya pembelian, yaitu harga pokok barang yang diperoleh dari pemasok, termasuk ongkos kirim.
2.      Biaya pemesanan, yaitu biaya mempersiapkan dan menerbitkan pesanan pembelian, menerima dan memeriksa item yang dimasukan dalam pesanan, dan mencocokkan faktur yang diterima, pesanan pembelian, serta catatan pengiriman untuk melakukan pembayaran.
3.      Biaya penyimpanan, yaitu biaya yang terjadi ketika menyimpan persediaan barang yang akan dijual.
4.      Biaya kehabisan persediaan, yaitu biaya yang terjadi ketika perusahaan kehabisan item tertentu yang diminta oleh pelanggan, dan perusahaan harus bertindak cepat untuk memenuhi permintaan tersebut atau mengalami kerugian karena tidak memenuhinya.
5.      Biaya kualitas, yaitu biaya yang terjadi apabila fitur dan karakteristik suatu produk atau jasa tidak sesuai dengan spesifikasi pelanggan.
Tidak semua biaya persediaan dalam sistem akuntansi keuangan. Teknologi pengumpulan informasi akan meningkatkan reliabilitas dan ketepatan waktu informasi pesediaan serta mengurangi biaya dalam kelima kategori biaya itu.
Model keputusan Economic-Order-Quantity ( EOQ )
            Keputusan pertama dalam mengelola barang yang akan dijual adalah berapa banyak yang memesan produk tertentu. Kuantitas pesanan yang ekonomis adalah model keputusan yang menurut serangkaian asumsi tertentu menghitung kuantitas optimal persediaan yang akan dipesan. Versi model EOQ yang paling sederhana mengasumsikan hanya ada biaya pemesanan serta penyimpanan, dan model tersebut juga mengasumsikan :
a.       Kuantutas yang sama dipesan pada setiap titik pemesanan kembali.
b.      Permintaan biaya pemesanan, dan biaya penyimpanan sudah diketahui dengan pasti. Waktu tenggang pemesanan pembelian waktu antara melakukan pemesanan dan pengirirman juga diketahui dengan pasti.
c.       Biaya pembelian per unit tidak terpengaruh oleh kuantitas yang dipesan. Asumsi ini membuat biaya pembelian menjadi tidak relevan untuk menentukan EOQ karena biaya pembelian semua unit yang diperoleh akan sama, tanpa memandang ukuran pesanan unit tersebut.
d.      Tidak terjadi kehabisan persediaan.
e.       Dalam memutuskan ukuran pesanan pembelian, manajermempertimbangkan biaya kualitas hanya sejauh biaya tersebut mempengaruhi biaya pemesanan atau penyimpanan.
Analisis EOQ ini mengabaikan biaya pembelian, biaya kehabisan persediaan dan baiya kualitas. Perhitungan total biaya yang relevan sebahai berikut
Total Biaya yang Relevan = Biaya pemesanan yang relevan + Biaya penyimpanan yang relevan
Kapan melakukan pesanan dengan asumsi sudah pasti
            Keputusan kedua dalam mengelola barang yang akan dijual adalah kapan melakukan  pesanan atas suatu produk tertentu. Titik pemesanan kembali adalah tingkat kuantitan persediaan yang ada di tangan yang memicu pesanan pembelian baru.
Persediaan pengamanan
            Persediaan pengamanan adalah persediaan yang disimpan sepanjang waktu tanpa memandang kuantitas persediaan yang dipesan dengan menggunakan model EOQ.
Mengestimasi biaya yang relevan yang berhubungan dengan persediaan dan pengaruhnya
            Pertimbangan untuk memperoleh estimasi biaya yang relevan. Dalam kasus kehabisan persediaan, perhitungan biaya oportunitas yang relevan memerlukan estimasi marjin kontribusi yang hilang atas hilangnya penjualan di masa depan karena pelanggan enggan membeli lagi akibat kehabisan persediaan.
            Biaya pemesanan yang relevan hanya merupakan biaya pemesanan yang berubah sejalan dengan jumlah pesanan yang dilakukan. Biaya kesalahan prediksi persediaan. Dalam memprediksi biaya yanrelevan sangatlah sulit dan jarang memberikan hasil yang akurat. Maka ada beberapa biaya yang diprediksi ternyata lebih besar dari kenyataan. Untuk itu kita dapat menghitung biaya kesalahan prediksi ini dengan menggunakan pendekatan tiga langkah.
Langkah 1, yaitu menghitung hasil moneter dari tindakan terbaik yang dapat ditempuh berdasarkan jumlah aktual dari input biaya. Langkah ke 2, yaitu menghitung hasil moneter dari tindakan berdasarkan jumlah yang salah dari input biaya yang diprediksi. Langkah ke 3, yaitu menghitung perbedaan antara hasil moneter dari langkah pertama dan ke dua.
Konflik antara model keputusan EOQ dan evaluasi kinerja manajer.untuk mencapai kesesuaian andata model keputusan EOQ dengan evaluasi kinerja manajer, perusahaan merancang model evaluasi kinerja yang membebankan tanggung jawab kepada manajer untuk mengelola tingkat persediaan dengan biaya penyimpanan yang mencakup pengembalian atas investasi yang diperlukan.
Pembelian Just-In-Time
Pembelian Just-In-Time adalah pembelian bahan yang kedatangannya tepat ketika diperlukan dalam produksi. Perusahaan akan beralih ke pembelian JIT dengan parameter model EOQ dikarenakan dapat mengurangi biaya penyimpanan persediaan.
Manajemen persediaan dan MRP
            Materials requirements planning (MRP) adalah sistem “push through” yang membuat barang jadi sebagai persediaan berdasarkan peramalan permintaan. MRP menggunakan permalan permintaan akan produk akhir, dan bill of materials yang merinci bahan, komponen, dan subperakitan bagi setiap produk akhir dan kuantitas bahan, komponen, dan persediaan produk untuk menentukan output yang diperlukan pada setiap tahap produksi.
Kalkulasi biaya backflush
            Kalkulasi biaya backflush adalah kalkulasi untuk menunda pencatatan sejumlah ayat jurnal yang terkait dengan siklus mulai dari pembelian bahan langsung hingga penjualan barang jadi.

            Sistem kalkulasi biaya persediaan tradisional menggunakan penelusuran berurutan, dimana pencatatan ayat jurnal dialkukan dalam urutan yang sama seperti pembelian aktual dan kemajuan produksi. Sebagian besar sistem kalkulasi biaya backflush tidak mencatat ayat jurnal pada tahun produksi barang dalam proses. Beberapa sistem kalkulasi biaya backflush tidak mencatat ayat jurnal baik untuk pembelian bahan langsung maupun penyelesaian barang jadi.

No comments:

Post a Comment