Friday 13 November 2015

Akuntansi Biaya Resume Bab 2

BAB 2 : Pengenalan Istilah Dan Tujuan Biaya

Biaya dan Terminologi Biaya
            Akuntansi mendefinisikan biaya sebagai sumber daya yang dikorbankan atau dilepaskan untuk mencapai tujuan tertentu. Biaya aktual adalah biaya yang terjadi , yang dibedakan dari biaya yang dianggarkan, yang merupakan biaya yang diprediksi atau diramalkan.
            Sistem kalkulasi biaya secara tipikal akan menghitung biaya dalam dua tahap dasar : akumulasi yang dilanjutkan dengan pembebanan. Akumulasi biaya adalah kumpulan data biaya yang diorganisirkan dalam beberapa cara dengan menggunakan sarana berupa sistem akuntansi. Pembebanan biaya adalah istilah umum yang meliputi penenlusuran akumulasi biaya yang mempunyai hubungan langsung dengan objek biaya dan mengalokasikan akumulasi biaya yang mempunyai hubungan tidak langsung dengan objek biaya.
Biaya Langsung dan Biaya Tidak Langsung
            Biaya langsung yaitu objek biaya yang dapat ditelusuri dan dapat dilihat secara jelas seperti kemasan produk. Sedangkan biaya tidak langsung yaitu objek biaya yang tidak dapat ditelusuri seperti gaji.
            Faktor yang mempengaruhi biaya langsung maupun tidak langsung yaitu materialitas suatu biaya ,ketersediaan teknologi pengumpulan informasi, dan desain informasi.
Pola Perilaku Biaya : Biaya Variabel dan Biaya Tetap
            Biaya variabel secara total dapat berubah seiring dengan perubahan tingkat aktivitas atau volume yang terkait. Biaya tetap tidak akan berubah secara total selama periode tertentu , sekalipun terjadi perubahan yang besar atas tingkat aktivitas atau volume terkait. Biaya tetap secara total tidak dapat berubah sepanjang perusahaan melakukan kegiatan selama periode tertentu.
            Tidak seperti biaya variabel , biaya tetap membayar sumber daya yang tidak dapat dengan mudah dan cepat diselaraskan dengan sumberdaya yang dibutuhkan atau digunakan. Jangan berasumsi bahwa suatu pos biaya akan selalu variabel atau tetap. Suatu pos biaya mungkin merupakan biaya variabel pada satu tingkat aktivitas dan menjadi biaya tetap pada tingkat aktivitas yang lain.
Pemicu biaya
            Pemicu biaya adalah variabel seperti tingkat aktivitas atau volume, yang menjadi dasar timbulnya biaya dalam rentang waktu tertentu. Tingkat aktivitas atau volume yang perubahannya proposional dengan perubahan biaya variabel. Volume produksi merupakan pemicu dari biaya bagi biaya pengujian.
Rentang yang relevan
            Rentang yang relevan adalah rentang tingkat aktivitas atau volume normal dimana terdapat hubungan khusus antara tingkat aktivitas atau volume dengan biaya yang dibahas.
Hubungan beberapa jenis biaya
            Kita telah membahas dua klasifikasi biaya utama : langsung  tidak langsung dan variabel  tetap. Saecara simultan, biaya dapat berupa :
Biaya langsung dan variabel
Biaya langsung dan tetap
Biaya tidak langsung dan variabel
Biaya tidak langsung dan tetap
Biaya Total dan Biaya Per Unit
            Secara umum pembuatan keputusan harus mempertimbangkan biaya total dan bukan biaya per unit. Sebelum dapat mengambil keputusan ketua komite juga harus memprediksi jumlah orang yang akan datang. Biaya per unit yang menggabungkan biaya total dengan jumlah pengunjung dalam satu tangan, merupakan cara yang komunikatif. Sistem akuntansi secara tipikal melaporkan baik jumlah biaya total maupun jumlah biaya rata-rata.
Menggunakan biaya per unit dengan hati-hati
            Meskipun biaya per unit digunakan pada laporan keuangan dan untuk membuat bauran produk serta keputusan penetapan harga secara reguler, namun untuk banyak keputusan manajer harus lebih mempertimbangkan biaya total dan bukan biaya per unit.
Perusahaan Sektor Manufaktur, Perdagangan, dan Jasa
1.      Perusahaan sektor manufaktur membeli bahan serta komponen dan mengubahnya menjadi berbagai barang jadi.
2.      Perusahaan sektor perdagangan membeli dan kemudian menjual produk berwujud tanpa mengubah bentuk dasarnya.
3.      Perusahaan sektor jasa menyediakan jasa seperti nasihat hukum dan audit.
Laporan Keuangan, Biaya Persediaan, dan Biaya Periode
            Membedakan antara biaya persediaan dan biaya periode diperlukan untuk tujuan pelaporan keuangan baik para perusahaan sektor manufaktur maupun perdagangan.
Jenis-jenis persediaan
1.      Persediaan bahan langsung
2.      Persediaan barang dalam proses
3.      Persediaan barang jadi.
Klasifikasi biaya manufaktur yang umu digunakan
            Tiga istilah yang umum digunakan dalam menggambarkan biaya manufaktur adalah biaya bahan langsung, niaya tenaga kerja manufaktur langsung serta biaya manufaktur tidak langsung.
1.      Biaya bahan langsung
2.      Biaya tenaga kerja manufaktur langsung
3.      Biaya manufaktur tidak langsung
Biaya persedian
            Biaya perserdian adalah semua biaya yang dianggap sebagai aktiva dalam neraca ketika terjadi dan selanjutnya menjadi harga pokok penjualan ketika produk itu dijual.
Biaya periode
            Biaya periode adalah semua biaya yang dicantumkan pada laporan laba rugi selain harga pokok penjualan. Pada sektor manufaktur biaya periode yang dicatat dalam laporan laba rugi merupakan semua biaya manufaktur seperti biaya desain dan biaya produksi. Tetapi pada sektor jasa semua biaya yang dicantumkan dalam laporan laba rugi merupakan biaya periode.
Pengukuran Biaya Membutuhkan Pertimbangan
            Pengukuran biaya membutuhkan pertimbangan disebabkan ada banyak cara untuk mendefinisikan dan mengklasifikasikan biaya.
Pengukuran biaya tenaga kerja
            Meskipun klasifikasi biaya tenaga kerja manufaktur bervariasi antara perusahaan satu dengan yang lainnya tetapi sebagian besar perusahaan mempunyai kategori berikut :
1.      Tenaga kerja manufaktur langsung
2.      Overhead manufaktur
Premi lembur dan waktu menganggur
            Premi lembur adalah tarif gaji yang dibayarkan kepada pekerja diatas tarif reguler gaji mereka. Waktu menganggur adalah gaji yang dibayarkan untuk waktu tidak produktif yang disebabkan oleh kurangnya pesanan, kerusakan mesin, kekurangan bahan, jadwal yang buruk dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment