Thursday 13 December 2018

FAKTOR YANG MENYEBABKAN MENINGKATNYA PASAR VALAS SEJAK TAHUN 1970



1.       Pergerakan nilai tukar valuta asing (valas)
Pada maa itu nilai tukar valas mengalami pergerakan yang cukup signifikan segingga menarik beberapa kalangan untuk memasuki pasar valuta asing. Pergerakan nilai tukar valas tersebut kemudian digunakan untuk melakukan margin trading.
2.       Bisnis yang semakin mengglobal
Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan harus mencari pasar baru dan sumber daya baru yang lebih murah. Hal itu menyebabkan perdagangan antarnegara dan relokasi industri ke negara lain, yag pada akhirnya mendorong peningkatan kebutuhan untuk bertransaksi valas antarnegara.
3.       Tujuan perusahaan untuk melakukan perdagangan valuta asing
Awalnya perusahaan melakukan transaksi valas hanya untuk membayar kewajiban dalam bentuk valas, kemudian berkembang untuk memperoleh laba dari transaksi valas, dan pada akhirnya berkembang untuk meminimalkan risiko yang ada.
4.       Perkembangan telekomunikasi yang pesat
Dengan adanya sarana telepon, facsimile, dan lain-lain memudahkan para pelaku pasar valas untuk berkomunikasi sehingga transaksi mudah dilakukan.
5.       Perkembangan perangkat teknologi computer yang pesat
Dengan berkembangnya perangkat teknologi computer yang semakin canggih memudahkan administrasi transaksi dan penyelesaian transaksi (settlement).
6.       Terbentuknya produk valuta asing baru
Produk baru yang berdasarkan pada transaksi valas mulai berkembang melalui perbankan maupun perusahaan pialang berjangka.
7.       Keuntungan yang diperoleh
Keuntungan yang diperoleh di pasar valas yang meningkat membuat banyak pihak tertarik untuk memasuki pasar valas.

Sumber

Hariyani Iswi, S. D. (2013). Buku Pintar Pasar Uang dan Pasar Valas. Jakarta: Gramedia.

No comments:

Post a Comment