Monday, 15 January 2018

MEMAHAMI ILMU KOMUNIKASI DALAM PRESENTASI


                Komunikasi adalah cara kita dalam menyampaikan ide, gagasan maupun pesan informasi kepada orang lain. Secara umumnya tujuan dari kamunikasi adalah menghasilkan suatu kesepakatan atas ide maupun pesan yang disampaikan. Diterima atau tidaknya suatu pesan tergantung pada persepsi atau inti komunikasi dan cara mengatasi persoalan komunikasi.
1.       Persepsi atau inti komunikasi
Dalam persepsi atau inti komunikasi terdapat lima sasaran pokok proses komunikasi yaitu,

a.       Membuat pendengar mendengarkan apa yang dikatakan atau melihat apa yang kita tunjukkan kepada mereka.
b.      Membuat pendengar memahami apa yang mereka dengar atau lihat.
c.       Membuat pendengar menyetujui apa yang telah mereka dengar atau tidak menyetujui apa yang kita katakana, tetapi dengan pemahaman yang benar.
d.      Membuat pendengar mengambil tindakan yang sesuai dengan maksud kita dan maksud kita bisa mereka terima.
e.      Memperoleh umpan balik dari pendengar.
2.       Mengatasi persoalan komunikasi
Sebagian besar orang mempunyai persoalan dalam komunikasi. Hal ini tergantung pada kita dalam mengatasinya agar ide, gagasan dan pesan yang kita sampaikan dapat diterima. Joseph de Vito dalam laksana (2017) menyatakan bahwa ada tiga kualitas umum yang dipertimbangkan untuk efektivitas sebuah komunikasi yaitu,

a.       Kualitas komunikasi
b.      Kualitas komunikator
c.       Kualitas komunikator efektif


Sumber : Laksana, Hari. 2017. Trik Kilat Presentasi Memikat. Cetakan 1. Yogyakarta: Araska.

No comments:

Post a Comment