Komunikasi
adalah cara kita dalam menyampaikan ide, gagasan maupun pesan informasi kepada
orang lain. Secara umumnya tujuan dari kamunikasi adalah menghasilkan suatu
kesepakatan atas ide maupun pesan yang disampaikan. Diterima atau tidaknya
suatu pesan tergantung pada persepsi atau inti komunikasi dan cara mengatasi
persoalan komunikasi.
1. Persepsi
atau inti komunikasi
Dalam persepsi
atau inti komunikasi terdapat lima sasaran pokok proses komunikasi yaitu,
a.
Membuat pendengar mendengarkan apa yang
dikatakan atau melihat apa yang kita tunjukkan kepada mereka.
b.
Membuat pendengar memahami apa yang mereka
dengar atau lihat.
c.
Membuat pendengar menyetujui apa yang telah
mereka dengar atau tidak menyetujui apa yang kita katakana, tetapi dengan
pemahaman yang benar.
d.
Membuat pendengar mengambil tindakan yang sesuai
dengan maksud kita dan maksud kita bisa mereka terima.
e.
Memperoleh umpan balik dari pendengar.
2. Mengatasi
persoalan komunikasi
Sebagian besar
orang mempunyai persoalan dalam komunikasi. Hal ini tergantung pada kita dalam
mengatasinya agar ide, gagasan dan pesan yang kita sampaikan dapat diterima.
Joseph de Vito dalam laksana (2017) menyatakan bahwa ada tiga kualitas umum
yang dipertimbangkan untuk efektivitas sebuah komunikasi yaitu,
a.
Kualitas komunikasi
b.
Kualitas komunikator
c.
Kualitas komunikator efektif
Sumber : Laksana, Hari. 2017. Trik Kilat Presentasi Memikat. Cetakan
1. Yogyakarta: Araska.
No comments:
Post a Comment