Kemampuan
dalam memanajemen bicara sebelum melakukan presentasi sangatlah penting supaya
gaya bicara kita lebih efektif. Berikut ini adalah enam hal yang dapat membantu
kita dalam berbicara secara efektif,
1. Mengapa
: menetapkan sasaran yaitu, tujuan presentasi dilakukan
2. Siapa
: pendengar yaitu, audiens meliputi jumlah, tujuan audiens, strata pendidikan
atau organisasi
3. Di
mana : tempat dan sarana yaitu, meliputi luas, lokasi, peralatan yang
diperlukan, dan lingkungan
4. Kappa
: waktu yaitu, lama waktu yang digunakan
5. Apa
: bahan yang akan digunakan yaitu, susunan materi yang disampaikan
6. Bagaimana
: teknik penyampaian yaitu, meliputi penggunaan bahasa, pemilihan kata, teknik
penyampaian, dan bahasa tubuh
Sumber : Laksana, Hari. 2017. Trik Kilat Presentasi Memikat. Cetakan 1. Yogyakarta: Araska.
No comments:
Post a Comment